Jaring Setnet

Posted on Updated on

Pemerintah melalui Departemen Kelautan dan Perikanan akan membentuk Tim Nasional Setnet untuk membuat program pemberdayaan nelayan pesisir dengan memfasilitasi metode baru alat tangkap ikan dengan setnet.

“Setnet itu berupa jaring yang dibentangkan di sepanjang pesisir pantai untuk menggiring sekelompok ikan yang bermigrasi hingga masuk dalam kantong dan dapat ditangkap oleh nelayan,” tutur Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) kepada Kompas.com.

Ia mengatakan itu seusai menyampaikan pidato pembukaan Menteri DKP Freddy Numberi yang berhalangan hadir dalam seminar internasional mengenai Pengembangan Penangkapan Ikan dengan Setnet di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (29/7).

“Kami akan bentuk timnas Setnet yang terdiri dari unsur akademisi dan peneliti, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia dan stakeholder untuk ambil bagian,” ujarnya. Selain itu dikatakan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Indra Jaya, teknologi alat jaring setnet ini telah diujicobakan di beberapa wilayah pesisir seperti Bone, Kepulauan Raja Ampat dan Bengkulu.

“Memang tidak semua wilayah perairan bisa diterapkan, harus dilihat dulu arus air laut di wilayah perairan yang akan dipasang jaring dan pola migrasi ikannya. Biasanya di daerah teluk yang berpotensi,” jelasnya. Ia menambahkan teknologi ini berhasil diterapkan di Jepang dan Thailand, nelayan sangat menghemat BBM, karena ini tak perlu bahan bakar.

“Mereka hanya perlu menjaring ikan yang sudah masuk kantong untuk dipindahkan. Ikannya juga masih segar, ini keuntungan plus lagi,” kata Indra. “Di tengah harga BBM yang melambung akibatnya nelayan tak dapat melaut, alat tangkap ini bisa menjadi alternatif solusi bagi para nelayan,” tandas Indra.

sumber ; kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s