KERUGIAN PERIKANAN AKIBAT MERAPI MENCAPAI RP25 MILIAR

Posted on Updated on

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan kerugian akibat bencana erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Boyolali dan Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sesuai perhitungan sementara kerugian mencapai Rp25,9 miliar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengungkapkan, berdasarkan perhitungan KKP, kerugian sementara yang diderita para pembudidaya mencapai sekitar Rp25,9 miliar.

“Saat ini produksi ikan terutama ikan lele di Yogyakarta khususnya Boyolali mencapai lebih dari 15 ton per hari. Akibat bencana ini, produksi perikanan mengalami penurunan lebih dari 50 persen,” ungkap Fadel di Jakarta, Selasa (9/11).

Untuk menormalisasi tingkat produksi perikanan, dalam waktu dekat, tepatnya setelah erupsi Merapi berhenti, KKP akan melakukan rehabilitasi tambak-tambak dan kolam-kolam budidaya. Selain rehabilitasi lahan kolam seluas 114 ha, untuk memulihkan perekonomian di sektor budidaya ikan, para pembudidaya membutuhkan sedikitnya 11 juta ekor benih ikan dan lebih dari 1.050 ton pakan ikan.

Sebelumnya, KKP juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk penanganan tsunami di Kepulauan Mentawai.

Menurut Fadel, sekitar 117 hektar kolam budidaya membutuhkan rehabilitasi segera agar dapat digunakan kembali menjadi lahan budidaya ikan. “Lebih dari 100 hektar lahan budidaya rusak akibat tertutup debu vulkanik Merapi sehingga mengakibatkan jutaan ekor ikan di kolam dan tambak mati,” ujarnya.

Dikatakan, erupsi merapi yang menyemburkan debu dan material vulkanik lainnya mengakibatkan 70 kelompok pembudidaya dengan jumlah lebih 2.751 orang mengalami kerugian.

sumber : Kominfo

 

My Blog

2 thoughts on “KERUGIAN PERIKANAN AKIBAT MERAPI MENCAPAI RP25 MILIAR

    john said:
    25 November 2010 pukul 11:14 am

    very special

    me said:
    1 Desember 2010 pukul 7:48 pm

    makes me want to drink alchoholic beverages

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s