MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KAB.CILACAP 2011

Posted on Updated on

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Cilacap  Tahun 2011 diselenggarakan di Hotel Griya Patra Cilacap (23/03/2011).

Acara tersebut dihadiri sekitar 200 orang antara lain ; Wakil Bupati Cilacap, Ketua DPRD Kab.Cilacap, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Kapolres Cilacap, Komandan Kodim 0703 Cilacap, Dan Lanal Cilacap, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap, Bappeda Kabupaten tetangga dari Banyumas, Kebumen, Banjarnegara, Ciamis dan Kuningan. Hadir pula dalam acara tersebut, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, para Ketua Komisi DPRD Kabupaten Cilacap, para Asisten Sekda Kabupaten Cilacap, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Cilacap serta para Kepala SKPD, Kepala kantor / Instansi Vertikal dan Delegasi Kecamatan, Lurah / Kepala Desa se-Kabupaten Cilacap, Pimpinan BUMN / BUMD, Perguruan Tinggi / Akademisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat / Organisasi Profesi / Tokoh Agama / Tokoh Masyarakat / Organisasi Perempuan.

Musrenbang Kabupaten Cilacap tahun 2011 bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan pembangunan (stakeholders) untuk penyempurnaan rencana RKPD Kabupaten Cilacap tahun 2012, yang memuat evaluasi pelaksanaan RKPD tahun 2010, rancangan kerangka ekonomi Daerah beserta kerangka pendanaan, sasaran dan prioritas pembangunan Daerah dan rencana program dan kegiatan, serta pagu indikatif pendanaan berdasarkan SKPD, usulan kegiatan yang pendaaannya bersumber dari APBD Kabupaten Cilacap, APBD Provinsi dan APBN meningkatkan kemandirian daerah melalui pemberdayaan masyarakat pedesaan serta membangun kesepakatan dan komitmen bersama antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat dalam proses perencanaan pembangunn dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk membangun kemandirian daerah.

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yang diwakili oleh Ir.Mansur, MM selaku Kepala Bidang Pengembangan diminta oleh Pemerintah Daerah untuk menyampaikan paparan tentang Kebijakan Program  Minapolitan di Kabupaten Cilacap. Adapun materi yang dipaparkan meliputi ; Pengertian Minapolitan, kerangka fikir, persyaratan Minapolitan, tujuan Minapolitan, sasaran, zonasi wilayah Minapolitan, pola keterpaduan kegiatan Minapolitandi Kab. Cilacap, kelembagaan yang berperan dalam Minapolitan dan potensi pengembangannya. Kegiatan kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti : SK Bupati tentang Tim Minapolitan Kabupaten, SK Bupati tentang penetapan lokasi Minapolitan (PPS Cilacap sebagai zona inti), Roadmap Minapolitan Kabupaten, penyusunan rencana induk, rapat-rapat koordinasi di tingkat Pusat maupun daerah.

Pendanaan dari Kementerian kelautan dan Perikanan melalui PPS Cilacap tahun 2011 meningkat dua kali lipat dari tahun 2010 dalam rangka menyelesaikan Minaoplitan, termasuk rencana BLM bagi Sembilan (9) KUB PUMP Perikanan Tangkap sebesar Rp.100 juta/KUB.

Beberapa instansi terkait / Kementerian yang sudah mengambil peran dalam program Minapolitan kabupaten Cilacap terutama Ditjen Cipta Karya kementerian Pekerjaan Umum yang sudah terjun langsung bersama Ditjen Perikanan Tangkap ke daerah untuk study DED prasarana air bersih,pembangunan/pengangkatan jalan akses produksi di TPI Sentolokawat,TPI Sidakaya,TPI Kemiren dan kawasan  Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dan sekitarnya. Selain itu juga kegiatan pelatihan perikanan tangkap bagi  nelayan dan pengolah ikan dari BPPP Tegal serta gerakan makan ikan bagi 500 siswa SD sekaligus dalam rangka hari jadi kabupaten cilacap yang ke 155.

Disampaikan pula bahwa Bp. Wakil Bupati sudah sangat merespon dan mendukung kegiatan Minapolitan ini,pertanyaannya bagaimana dengan SKPD beserta Kementerian terkait lainnya, apakah Minapolitan kabupaten Cilacap akan terwujud? Jawabannya ada pada kita semua khususnnya Tim Pokja Minapolitan kabupaten Cilacap. Untuk itu mari kita sinergikan dan bangun komitmen bersama untuk mensukseskan Minapolitan kabupaten Cilacap guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kelautan dan Perikanan khususnya nelayan.

Komitmen dan sinergi kita semua akan dibahas dalam Raker Evaluasi keterpaduan pengembangan Minapolitan antara Tim Pokja Pusat bersama Tim Pokja Kabupaten yang di rencanakan akan dilaksanakan di Cilacap tanggal 5 April 2011. Semoga program minapolitan juga merupakan kegiatan dari kebijakan kabupaten Cilacap” “Bangga Mbangun Desa”.

Hasil yang diharapkan dari Musyarawaran Perencanaan Pembangunan tersebut adalah rumusan arah kebijakan umum, prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2012 serta skala prioritas kegiatan yang sudah dikelompokan berdasarkan sumber pembiayaan (APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber dana lainnya). (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s