“Ubur ubur” Berkah Nelayan Cilacap di Hari Raya

Posted on Updated on

ubur-ubur

Awal September 2011 merupakan suatu berkah bagi nelayan Cilacap pada hari raya Idul Fitri 1432 H, dimana para nelayan mulai berburu ubur-ubur dengan hasil yang cukup melimpah.

Ubur-ubur merupakan hewan laut menyerupai agar-agar yang hampir 95 % terbuat dari air dan bukanlah spesien dari ikan, karena ada anggapan yang keliru tentang ubur-ubur, oleh karenanya American Public Aquariumsk telah mempopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya. Ubur-ubur termasuk kelas Scyphozoa dengan struktur yang tembus pandang dan tentakel (menyerupai belalai) dibagian bawah tubuhnya. Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernafasan karena kulit mereka cukup tipis dan tubuh mereka telah berisi oksigen melalui difusi.

Ubur-ubur hidup di hampir segala iklim, beberapa spesies memiliki keistimewaan yaitu mengeluarkan cahaya dan sebagian spesies mengandung racun di dalam tubuhnya, juga tidak mempunyai otak atau sistem saraf pusat, tetapi ubur-ubur memiliki jaringan saraf yang longgar, yang terletak di epidermis, yang juga disebut sebagai “jaring saraf.” Ubur-ubur juga memiliki sistem reproduksi yang unik, yaitu baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun  perempuan akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, di mana telur yang telah dibuahi akan tumbuh menjadi organisme baru.

Di PPS Cilacap Ubur-ubur mulai terlihat dan ditangkap oleh para nelayan pada awal September dengan hasil produksi rata-rata 500 kg/kapal/hari seharga Rp.1000,-/kg.

Para nelayan cilacap menangkap Ubur-ubur dengan menggunakan jaring pukat (arad) dan sebagian lagi dengan menggunakan caduk (serok). Hasil dari laut dibeli oleh para pengepul (Depo/Lapak) disekitar kaliyasa sekitar 4 ton/hari/depo, kemudian di tampung dan dioleh oleh PT.Suisan jaya di wilayah PPS Cilacap. Adapun kapasitas Produksi dari PT. Suisan Jaya sekitar 40 Ton/hari (02/09/2011) dan biasanya akan terus meningkat dari hari kehari hingga berakhirnya musim ubur-ubur dengan distribusi ke wilayah Asia (Jepang,Korea,Hongkong). (cs)

One thought on ““Ubur ubur” Berkah Nelayan Cilacap di Hari Raya

    Muhamad Ali said:
    6 Januari 2012 pukul 11:29 am

    apa kelebihan dari ubur2 dan gimana cara pengelolaanya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s