Pembinaan PNBP di PPS Cilacap

Posted on Updated on

Pembinaan PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dilaksanakan di Hotel Dafam Cilacap (13/09/2011). Peserta pembinaan berjumlah dua puluh lima (25) orang berasal dari para pengguna jasa/penyewa lahan di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.
Acara pembinaan PNBP dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap “W. Haryomo, A.Pi, SE, MSi” dengan Narasumber dariKabag Keuangan dan Umum DJPT “Drs. Hardono” serta Moderator dari Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yaitu Kepala Bagian Tata Usaha“Drs Eno Sandy Prayitno, MM” dan Kepala Bidang Pengembangan “Ir. Mansur, MM”.
PNBP ( penerimaan negara bukan pajak ) adalah seluruh penerimaan pemerintah pusat yang tidak berasal dari perpajakan (Pasal 1 UU No. 20 Tahun 1997. Tujuan diadakan acara pembinaan PNBP di PPS Cilacap yaitu untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak serta mentertibkan kepatuhan atas pemenuhan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang PNBP, dengan sasaran Seluruh pengguna jasa di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap meliputi ; Sewa lahan, Jasa tambat labuh, Pas masuk, Sewa peralatan, Sewa bangunan, serta Jasa lainnya.
Acara berlangsung dari jam 09.00 s/d 12.00 dilakukan dengan presentasi serta tanya jawab. Sedangkan target PNBP PPS Cilacap untuk tahun 2010 sebesar Target PNBP PPS Cilacap tahun 2010 sebesar Rp. 633.500.000,- tapi dapat terealisasi sebesar Rp. 398.806.010,-, sedangkan target PNBP PPS Cilacap untuk tahun 2011 sebesar Rp. 335.933.000,- dan dapat terealisasi s/d bulan Agustus 2011  sebesar Rp. 262.436.743,-.
Permasalahan realisasi Tahun Anggaran 2010 di PPS Cilacap tidak mencapai target disebabkan karena beberapa hal diantaranya ; kerjasama opersional dengan pihak ketiga yang direncanakan tidak dapat direalisasikan ; Terdapat pengguna jasa yang masih lalai melaksanakan kewajibannya/menunggak ; Kesadaran pengguna jasa pelabuhan dalam membayar sewa, pas masuk masih rendah ; sertaKurang optimalnya penggalian sumber-sumber pendapatan. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s