Sosialisasi Asuransi Nelayan di PPS Cilacap

Posted on Updated on

Dalam upaya untuk memberikan perlindungan kepada nelayan/ABK melalui jasa asuransi, maka perlu diadakan sosialisasi program ini kepada nelayan/ABK serta kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Dengan demikian secara bertahap manfaat jasa asuransi akan dapat dirasakan sebagai suatu kebutuhan. Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap mengadakan sosialisasi asuransi nelayan yang bertempat di Pos Penyuluh Perikanan PPS Cilacap (18/11/2011) dengan peserta dari 9 kelompok nelayan, Dinas Kelautan, Perikanan dan Pengelolaan Kawasan Segara Anakan Kab. Cilacap, LANAL Cilacap, POLRES Cilacap (AIRUD), KUD Mino Saroyo dan HNSI Cilacap dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

Kegiatan tersebut dibuka olah Kepala Bidang Tata Operasional “Agustinus Hardono Usodo, A.Pi, MM” yang mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dengan Narasumber dari PT. JAMSOSTEK Kantor Cabang Cilacap “Suwardo” dan Subdit Kenelayanan, Direktorat Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan “Erry Widiyani, S.Sos, .Si”.

Materi dari Sosialisasi tersebut meliputi ;

  1. JAMSOSTEK Program dan manfaat bagi TKLHK

Program JAMSOSTEK memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu, yang penyelenggaraannya menggunakan mekanisme Asurasnsi Sosial. Dimana program tersebut selain mendapat haknya juga mempunyai kewajiban bagi pesertanya (pengusaha dan tenaga kerjanya). Program yang ditawarkan antara lain adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). Dengan mengikuti program tersebut diharapkan tercipta rasa aman dan ketenangan kerja, perlindungan serta kepastian jaminan berupa santunan atas penghasilan yang hilang atau berkurang bila TKLHK mengalami kecelakaan kerja, cacat, sakit, hamil, bersalin, hari tua dan meninggal dunia.

  1. Peraturan Menakertrans RI nomor : PER-24/MEN/VI/2006

Pedoman penyelenggaraan program jaminan sosial tenaga kerja yang melakukan hubungan pekerjaan di luar hubungan kerja, pekerjaan nelayan merupakan atau termasuk dalam kategori tenaga kerja luar diluar hubungan kerja (TKLHK). Dengan melihat kategori tersebut perlu adanya usaha untuk menjamin resiko sosial ekonomi bila berakibat langsung terhadap nelayan. Untuk itu perlu diusahakan suatu jaminan sosial untuk menanggung akibat yang ditimbulkan dari pekerjaan sebagai nelayan melalui program jaminan sosial JAMSOSTEK.

Kegiatan Sosialisasi Asuransi Nelayan juga diadakan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber terkait program jaminan social JAMSOSTEK di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s