Sosialisasi SHTI di Hotel Dafam Cilacap

Posted on Updated on

Sosialisasi Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) yang diselenggarakan oleh Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap bertempat di Hotel Dafam Cilacap (30/11/2011) dihadiri oleh para pengusaha bidang perikanan yang ada di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.

Acara tersebut di buka oleh Kepala Bidang tata Operasional “ Agustinus Hardono Usodo, A.Pi, MM” yang mewakili Kepala PPS CIlacap dengan narasumber Nimrot P.Silitonga, S.Pi, MM “Kepala Seksi Kesyahbandaran perikanan PPS Nizam zahman Jakarta” serta Eko Budiharto, S.Pi “Kasi Tata laksana dan Sarana Direktorat Pelabuhan Perikanan”

Sosialisasi SHTI bertujuan membantu kelancaran ekspor perikanan, membantu upaya menghindari/melawan dan memerangi IUU Fishing serta mendukung ketentuan konservasi dan manajemen sumberdaya perikanan dengan sasaran usaha perikanan tangkap dan usaha pengolahan ikan.

SHTI diwajibkan terhadap semua produk perikanan hasil tangkapan dari perairan laut. Ketentuan ini tidak berlaku terhadap hasil dari kegiatan budidaya, produk perikanan air tawar,ikan hias dan rumput laut.

SHTI dibagi menjadi tiga jenis yaitu; lembar awal, lembar turunan dan lembar turunan yang disederhanakan.

  1. Lembar Awal merupakan lembar yang memuat seluruh hasil tangkapan yang dilakukan untuk setiap kegiatan bongkar untuk tujuan pencatatan.
  2. Lembar Turunan merupakan lembar yang memuat sebagian atau seluruh hasil tangkapan sesuai lembar awal untukntujuan perdagangan.
  3. Lembar Turunan yang disederhanakan merupakan lembar yang memuat seluruh hasil tangkapan yang berasal dari kapal berukuran skala kecil dan diisi oleh UPI/Eksportir. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s