Sosialisasi Penanganan Ikan di PPS Cilacap

Posted on Updated on

Bertempat  di Balai Pertemuan Break water Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (17 Juli 2012) kegiatan Sosialisasi Penanganan Hasil Perikanan yang Baik secara resmi dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. Eno Sandy Prayitno, MM yang mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan samudera Cilacap.

kegiatan Sosialisasi Penanganan Hasil Perikanan yang Baik di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Tahun Anggaran 2012 diikuti oleh pemilik kapal/nahkoda, bakul ikan, pengelola TPI, staf PPSC, pengawas perikanan, pengolah ikan, penyuluh dan pegawai LPPMHP sedangkan narasumber dari Pusat Manajemen Mutu, Ir. Sulekadang, MM serta dari Direktorat Pelabuhan Perikanan, Sarwono, A.Pi

Maksud kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan/ketrampilan teknis dalam melaksanakan penanganan ikan mulai dari cara penangkapan,  penanganan diatas kapal, dan pada saat didaratkan di TPI dengan sasaran agar tercapainya mutu/kualitas ikan yang didaratkan dapat memenuhi standar permintaan pasar/konsumen sehingga nilai harga jual meningkat yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan nelayan.

Pengembangan sektor perikanan yang merupakan pilar utama pembangunan kelautan dan perikanan sangatlah beralasan, karena Indonesia memiliki potensi yang cukup melimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal.

Dengan demikian kontribusi sektor perikanan dalam menggerakan perekonomian nasional dan peningkatan kesejahteraan rakyat/nelayan masih memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan.

Dalam upaya mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan Pemerintah telah menyediakan prasarana berupa Pelabuhan Perikanan, dimana dengan segenap fasilitasnya (bongkar, perbekalan, pemasaran dan pengolahan) diharapkan mampu menjadi ujung tombak pengembangan usaha nelayan dan pusat pertumbuhan ekonomi.

Dalam mewujudkan pelabuhan perikanan sebagai pusat industrI perikanan terpadu salah satunya yang perlu dukungan adalah peningkatan nilai tambah produk yang dihasilkan melalui penanganan ikan hasil tangkapan mulai dari saat penangkapan sampai ikan didaratkan di pelabuhan. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi penanganan hasil perikanan yang baik (goodfish handling practice) yang melibatkan pemilik kapal, baku likan dan industrI pengolahan. (cs)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s