Ubur-ubur melimpah di Cilacap

Posted on Updated on

Nelayan Cilacap Panen Ubur-ubur

Nelayan Cilacap  pada bulan September ini mendapat berkah dari melimpahnya hasil tangkapan berupa ubur-ubur. Dengan alat tangkap serok dan menggunakan perahu fiber serta compreng, para nelayan dengan mudahnya dapat menghasilkan lebih dari 1 ton/kapal dan  para pengepul dapat mengumpulkan hingga 20 ton/hari.

Hasil tangkapan tersebut dijual kepada pengepul di lapak-lapak yang berada di bantaran sungai kaliyasa PPS Cilacap seharga Rp.700,- per kg yang selanjutnya dijual ke pabrik pengolahan ubur-ubur yang berada di kawasan PPS Cilacap. Harga tersebut menurut para nelayan sangat murah dibandingkan musim ubur-ubur sebelumnya, dimana pada musim lalu harganya berkisar Rp.1000,- – Rp.1500,- per kg.

Pabrik pengolahan ubu-ubur, PT Suisan Jaya yang berada di kawasan PPS Cilacap berhasil mempekerjakan warga nelayan disekitar PPS Cilacap sebagai buruh harian/borongan dengan upah Rp.20.000,-/hari yang mayoritasnya adalah para wanita. Ubur-ubur tersebut nantinya akan di ekspor ke Jepang, Korea dan China. (cs)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s