Pembinaan Pegawai PPS Cilacap 2012

Posted on Updated on

Pegawai Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap tanggal 15 dan 16 September 2012 mengikuti kegiatan Pembinaan Pegawai di Purwokerto Jawa tengah.

Acara Pembinaan Pegawai Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Tahun Anggaran 2012 bertempat di Hotel Ardi Kencana Purwokerto Jawa Tengah serta di lokasi Baturaden Adventure Forest.

 Kegiatan Pembinaan Pegawai PPS CIlacap tersebut menggunakan 2 (dua) bentuk kegiatan yaitu Indoor dan Outdoor, dimana kegiatan Indoor dilakukan pada saat penyampaian materi Pembinaan pegawai yang disampaikan oleh 2 (dua) narasumber dari Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dihadiri oleh Kepala PPS Cilacap, W.Haryomo, A.Pi, SE, M.Si .

 Pada kegiatan tersebut narasumber memberikan penjelasan tentang “Penjelasan PP 53 Tahun 2010 serta Kewajiban dan Larangan PNS” Oleh : Kosingin, S.Sos (Ka.Sub bag Aministrasi Kepegawaian) dan “Penjelasan Proses Mutasi, Ijin Belajar dan Tugas Belajar bagi PNS “ Oleh : Drs. Wahyudi Iskandar (Ka. Sub bagPK dan KP Struktural dan Fungsional Umum, Biro Kepegawaian) serta dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab baik menyangkut hal yang disampaikan maupun permasalah 

yang ada dalam bidang kepegawaian di lingkup Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.

Sasaran kegiatan tersebut adalah terwujudnya kebersamaan, kekompakan dan memiliki motivasi kerja yang tinggi bagi pegawai PPS Cilacap, dengan tujuan : Sedangkan kegiatan yang dilakukan secara outdoor, meliputi kegiatan permainan (Games) dan juga outbond di Baturraden Adventure Forest yang dipandu oleh instruktur dari Smart Edventur, yang diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Tenaga Kontrak, dengan Jumlah Peserta 100 orang dan dibagi menjadi 4 (empat) regu.

  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kebersamaan untuk melaksanakan tugas sehari-hari secara profesional sesuai dengan kebutuhan instansi;
  2. Menciptakan pegawai yang mampu melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan secara cepat dan tepat;
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat;
  4. Memahami peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  5. Memahami Organisasi dilingkungan kerjanya

Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu unsur aparatur negara mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menyelenggarakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan. Sosok Pegawai Negeri Sipil yang mampu memainkan peran tersebut adalah Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai kompetensi diindikasikan dari sikap dan perilakunya penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral, bermental baik profesional, dan sadar akan tanggungjawab sebagai pelayanan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil tersebut perlu dilaksanakan pembinaan pegawai dalam upaya peningkatan :

  1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air;
  2. Kompetensi keterampilan teknis, manajerial atau kepemimpinannya;
  3. Efisiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya;
  4. Pengetahuan disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  5. Memahami organisasi Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.

Usai pemberian materi oleh narasumber, keesokan harinya peserta pembinaan pegawai melakukan kegiatan diluar (Outbond) bertempat di Baturraden Adventure Forest yang terletak di kaki gunung Slamet, Purwokerto –  jawa Tengah.(cs)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s