Abrasi Rusak Fasilitas di PPS Cilacap

Posted on Updated on

akses jalan menuju breakwater utara terputus akibat abrasi
akses jalan menuju breakwater utara terputus akibat abrasi
Pergudangan yang rusak akibat abrasi
Pergudangan yang rusak akibat abrasi

Beberapa fasilitas di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap rusak akibat abrasi. Abrasi tersebut akibat dari tingginya gelombang laut di perairan selatan Cilacap dan Samudera Hindia yang mencapai 3 meter dengan kecepatan angin 5-15 knots (sumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Cilacap).

Tingginya Gelombang laut beberapa pekan ini mengakibatkan abrasi hingga memporak porandakan beberapa fasilitas yang berada di bibir pantai  PPS Cilacap diantaranya rusak/terputusnya akses jalan menuju breakwater utara dan areal dock milik ayong/ salah satu pengusaha perikanan di PPS Cilacap yang terjadi pada hari Senin,03 Juni 2013 dan esoknya Selasa,04 juni 2013 Abrasi kembali merusak pergudangan milik atay /pengusaha perikanan yang juga menyewa lahan  di kawasan industri PPS Cilacap.

Sebelumnya abrasi di kawasan PPS Cilacap juga telah merobohkan sebuah bangunan menara milik Hartono/pengusaha tambak benur yang berlokasi di bibir pantai berbatasan dengan wilayah kawasan industri PPS Cilacap. Tidak ada korban jiwa akibat dari abrasi tersebut namun kerugian material mencapai lebih dari ratusan juta rupiah.

Abrasi  atau yang biasa disebut erosi pantai merupakan proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh  angin yang bertiup diatas lautan sehingga menimbulkan gelombang laut dan arus laut yang berkekuatan besar untuk mengikis daerah pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut yang disebaban karena faktor alam dan juga faktor manusia.

Untuk sementara para pengusaha perikanan yang terkena musibah tersebut berusaha memperbaiki kembali akses jalan dan pergudangan miliknya dengan menaruh kembali batu-batu berukuran besar untuk mencegah meluasnya abrasi.

Sementara pihak PPS Cilacap langsung meninjau ke lokasi tempat terjadinya musibah abrasi tersebut dan berkoordinasi dengan pihak pengusaha perikanan serta melaporkan kejadian tersebut ke kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia di Jakarta.(cs)

One thought on “Abrasi Rusak Fasilitas di PPS Cilacap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s