KM.Aquarius terbakar di dermaga PPS Cilacap

Posted on

kapal tebakar
kapal tebakar

PPS Cilacap, Jum’at 14 Juni 2013 sekitar pk.15.45  waktu setempat Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yang semula sepi tiba-tiba digemparkan dengan bunyi ledakan sebuah kapal berbobot 38 gross ton. Tak lama kemudian terlihat awan hitam membumbung diangkasa diiringi kobaran si jago merah di salah satu sudut dermaga kolam PPS Cilacap.Selang beberapa menit kemudian terdengar suara sirine kendaraan pemadam kebakaran memasuki kawasan PPS Cilacap. Beberapa orang yang berada di lokasi tersebut berusaha memadamkan kobaran api dari kapal nelayan KM.Aquarius milik pengusaha perikanan Lao tjin (60) dengan menggunakan air dari kolam, namun karena kondisi kolam yang saat itu surut mengakibatkan penyedotan air dari kolam tersebut tersendat-sendat hingga tak mampu menjinakkan si jago merah, bahkan dua unit mobil pemadam milik BPBD Cilacap juga tak kuasa memadamkan hingga dua unit kendaraan pemadam milik PT.Pertamina dan PT.Holchim dikerahkan untuk memadamkan kebakaran kapal tersebut hingga sekitar pk.17.00 WIB kobaran api berhasil dipadamkan, namun pada malam harinya sekitar pk.20.00 waktu setempat, kobaran api kembali menyala dari kapal tersebut, hal tersebut disebabkan karena adanya angin yang bertiup hingga membangunkan bara api yang semula diduga telah padam. Malam yang sunyi itu kembali dihebohkan dengan suara sirine tiga unit mobil pemadam untuk kembali memadamkan kobaran api tersebut dan hingga pagi dini hari kepulan asap sisa amukan api masih terlihat disela-sela puing kapal KM.Aquarius.

Dugaan sementara kebakaran tersebut diakibatkan karenaledakan  tabung gas yang digunakan untuk perbaikan/ pengelasan freezer kapal tersebut. Menurut salah satu sumber ditempat kejadian tersebut saat itu kapal nelayan beralat tangkap long line itu sedang memperbaiki mesin pendingin hingga terjadilah percikan api yang menyebabkan meledaknya tabung. Tiga dari empat orang  pekerja mengalami luka bakar yang cukup serius  karena kejadian tersebut da langsung dilarikan kerumah sakit terdekat. Hingga saat ini korban luka bakar tersebut masih dirawat di RSUD Cilacap dan RSI Fatimah. Kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Pihak Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yang saat itu mendengar suara ledakan tersebut langsung ke tempat lokasi di dermaga PPS Cilacap untuk membantu dan memantau kejadian tersebut. Kepala PPS Cilacap ‘Ir.Wahid M.Si‘ yang baru saja menjabat menggantikan ‘W.Haryomo, A.Pi, SE, M.Si’ yang beralih tugas juga ikut memantau di lokasi kejadian didampingi para pejabat struktural PPS Cilacap dan para stafnya. Selain itu pihak dari Kepolisian, Lanal, KUD Mino Saroyo, HNSI dan instansi terkait juga ikut memantau pemadaman tersebut.(cs)

DSC_0309

 

DSC_0337

 

DSC_0379

One thought on “KM.Aquarius terbakar di dermaga PPS Cilacap

    […] dari saksi mata, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.45 WIB, Jumat (14/6/2013). Saat itu, 4 pekerja tengah mengelas alat pendingin KM Aquarius milik Lao […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s