Nelayan Cilacap Panen Udang Rebon

Posted on

DSC_0195PPS Cilacap, Kamis (12/09/2013), Nelayan di Cilacap kembali panen udang rebon atau trasi shrimp (Genus Penaeus). Udang  mungil yang berukuran 20-25 milimeter tersebut sudah lebih dari sepekan bermunculan di Perairan Selatan Cilacap.

Hasil nelayan tangkapan tersebut langsung dijual kepada penjual udang untuk dikeringkan dan diolah menjadi terasi. Kemunculan udang rebon tersebut merupakan suatu berkah tersendiri bagi nelayan di Cilacap, karena para nelayan bisa mendapatkan hasil sekitar 40 kg udang rebon dalam sekali melaut. Seperti dikatakan oleh Tugino (39), Kamis (12/09) nelayan asal PPS Cilacap bahwa “ Sekali melaut, kami bisa dapat rebon 40 kg” ujarnya. Harga udang rebon hasil tangkapan nelayan dalam keadaan basah berkisar antara Rp.2500 hingga Rp.9000 per kilogram tergantung dari kualitasnya atau jenisnya, untuk udang rebon jenis ampas harganya  Rp.2500 per kg, sedangkan udang rebon jenis demereh seharga Rp.5000 per kg dan udang rebon jenis badak harganya mencapai Rp.9000 per kg.

Saat proses pengeringan, ada sedikit  kendala apabila musim penghujan, karena bila kurang sinar matahari udang tersebut akan cepat membusuk Udang rebon yang sudah dikeringkan dan mempunyai kualitas baik  langsung dikirim ke luar daerah sedangkan yang berkualitas rendah diolah oleh nelayan setempat untuk diolah menjadi terasi. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s