PPS Cilacap dukung usaha pengolahan ikan

Posted on Updated on

DSC_0445PPS Cilacap, Jum’at (13/09/2013), Sektor Perikanan memegang peranan penting dalam perekonomian Nasional, salah satunya adalah usaha dibidang pengolahan ikan. Untuk mendukung hal tersebut Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPS Cilacap) sebagai UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengolahan Ikan di balai pertemuan break water PPS Cilacap, Kamis (12/09/2013).

Tujuan dari Sosialisasi Pengolahan Ikan  di PPS Cilacap adalah untuk menambah pengetahuan bagi pelaku usaha pengolahan ikan dan masyarakat perikanan dalam meningkatkan kualitas olahan ikan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, disamping itu kegiatan sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk memberikan kontribusi yang positif dalam mendorong perkembangan industri skala kecil/rumah tangga serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahan makanan yang dapat dikonsumsi dengan bahan baku ikan.

Sosialisasi Pengolahan Ikan dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Ir.Wahid, M.Si sekaligus memberikan paparan tentang gambaran umum PPS Cilacap dalam mendukung Usaha Pengolahan Ikan. Beliau juga mengatakan bahwa “ PPS Cilacap siap membantu usaha pengolahan ikan” peserta sosialisasi boleh memanfaatkan alat-alat pengolahan ikan yang ada di UBPT “silahkan manfaatkan alat-alat yang ada di UBPT” ujar beliau.. Beragam alat pengolahan ikan yang berada di Unit Bisnis Perikanan terpadu (UBPT) PPS Cilacap antara lain alat penggiling daging, alat pencetak sosis dan bakso.

Peserta Sosialisasi Pengolahan Ikan yang berjumlah tiga puluh (30) orang berasal dari pengolah ikan, masayarakat serta karyawan PPS Cilacap dengan Narasumber/Instruktur dari Balai Besar Pengembangan dan Pengendalian Hasil Perikanan (BBP2HP) dengan materi dan praktek tentang Pengolahan Ikan Marlin menjadi Pilus dan Pastel. Dalam praktek pengolahan ikan tersebut para peserta di buat dalam dua (2) kelompok untuk membuat pilus dan pastel berbahan ikan marlin.(cs)

DSC_0365 DSC_0415 DSC_0433

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s