Untuk menanggulangi Abrasi, PPS Cilacap membangun Revetment

Posted on

Revetment
PPS Cilacap bangun revetment untuk meminimalkan kerusakan pantai akibat abrasi (18/09/2013)

PPS Cilacap, Rabu (18/09/2013), Abrasi yang terjadi di wilayah Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) telah membuat rusaknya beberapa fasilitas di PPSC terutama bangunan yang berada di kawasan industri. Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak PPSC segera membangun revetment agar  tidak terjadi lagi kerusakan akibat abrasi.

Kerusakan beberapa fasilitas akibat abrasi/erosi pantai tersebut diantaranya adalah terputusnya akses jalan menuju break water sebelah utara dan rusaknya bangunan/gudang milik pengusaha perikanan yang berada di kawasan industri PPSC.

Tingginya gelombang laut di perairan cilacap mengakibatkan abrasi yang cukup parah di wilayah PPS Cilacap, seperti yang terjadi pada bulan April 2012 dan Juni 2013 yang lalu, dimana abrasi akibat gelombang laut yang mencapai lebih dari 3 meter telah merusak beberapa fasilitas di PPS Cilacap. Guna mengatasi hal tersebut maka pihak PPS Cilacap berupaya untuk menekan kerusakan akibat abrasi dengan membangun revetment di pesisir pantai PPS Cilacap.

Pembangunan revetment yang dilaksanakan pada bulan September ini direncanakan selesai dalam waktu 120 hari dengan konstruksi bangunan revetment sepanjang ± 289,8 meter dan elevasi/ketinggian ± 5 meter lws. Sedangkan tatanan bangunan revetme tersebut berupa batu berukuran 250 – 300 kg dan batu bolder ukuran 2000 hingga 2500 kg dengan lapisan geotextyle woven.(cs)

roboh-akibat-abrasi
Bangunan di tepi pantai PPs Cilacap yang hancur akibat abrasi

 

 

 

 

 

 

Berita terkait : https://chulay.wordpress.com/2012/04/21/tanggul-penahan-gelombang-di-utara-pps-cilacap-jebol-diterjang-ombak/

https://chulay.wordpress.com/2013/06/05/abrasi-rusak-fasilitas-di-pps-cilacap/

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s