Nakhoda Meninggal, Kapal Kembali Ke PPS Cilacap

Posted on Updated on

jenazah nakhoda
Jenazah Nakhoda K>Charly Wijaya saat tiba di dermaga lapor kapal PPS Cilacap, rabu (09/10/2013)

PPS Cilacap, Rabu (09/10/2013), Km.Charly Wijaya yang sedang melaut di perairan Gombong harus kembali ke pangkalan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPS Cilacap), karena sang Nakhoda meninggal dengan tiba-tiba diatas kapal. Korban bernama Sadam (59) beralamat di Jl. Surya Kel.Tegalkamulyan, Cilacap merupakan Nakhoda Kapal KM.Charly Wijaya dengan alat tangkap gill net.

Menurut saksi, Ngadimin Santukiyah (60) salah satu abk kapal perikanan KM.Charly Wijaya yang sedang mencari ikan di perairan Gombong Kab.Kebumen sekitar 72 Mil dari pantai bahwa, pada Selasa (08/10/2013) sekitar pk.18.00 WIB, melihat korban sedang memperbaiki alat pancing di haluan kapal, tak lama kemudian korban masuk keruang kemudi dan menggosok sendiri badannya dengan minyak gosok hingga akhirnya meminta bantuan saksi (Ngadimin) untuk membantu menggosok punggung korban. Lebih lanjut sang abk menuturkan bahwa, selesai membantu korban dia keluar dari ruang kemudi, tiba-tiba korban sempoyongan akan jatuh dan ditolong olehnya. Karena tak mampu akhirnya dia berteriak meminta pertolongan kepada abk lainnya.

Ditambahkan oleh saksi lainnya yaitu wakil nakhoda, Dayatno (36) bahwa seluruh abk berdatangan ke ruang kemudi sewaktu mendengar teriakan Ngadimin yang akhirnya membantu menidurkan korban dan berusaha menolong menggosok korban dengan balsam dan bawang merah serta diberi air hangat didalam botol.

Melihat kondisi nakhoda tersebut akhirnya wakil nakhoda dan para abk memutuskan untuk kembali ke pangkalan PPS Cilacap, namun dalam perjalanan sang nakhoda  sudah tidak bergerak lagi,  dan sang wakilpun mengabarkan kejadian tersebut melalui radio panggil ke Pos terpadu PPS Cilacap dan Kepolisian serta Keamanan Laut di Cilacap.

KM.Charly Wijaya yang berlayar dari PPS Cilacap pada 02 Oktober lalu harus kembali ke pelabuhan lebih cepat dari jadwal. Jenazah Nakhoda tersebut tiba di PPS Cilacap, Rabu (09/10/2013) pk.09.30 WIB disaksikan oleh Kabid Tata Operasional dan kasie Kesyahbandaran PPS Cilacap berserta staf, KBO Polair Cilacap, Kanit Reskrim dan Wakapolsek Cilacap Selatan serta TNI AL, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Adpel, HNSI dan Ketua kelompok nelayan PPSC.

Jenazah korban akhirnya dibawa ke RSU Cilacap untuk di visum yang akhirnya diserahkan kepada keluarga korban, dan untuk sementara korban dinyatakan meninggal karena serangan jantung/angin duduk. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s