Pembinaan Damkar di PPS Cilacap

Posted on Updated on

Simulasi Penanggulangan Kebakaran di PPS Cilacap, Sabtu (14/12/2013)
Simulasi Penanggulangan Kebakaran di PPS Cilacap, Sabtu (14/12/2013)

Cilacap- Pembinaan Pemadan Kebakaran di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap diselenggarakan di balai pertemuan break water. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala PPS Cilacap Ir.Wahid, M.Si yang didampingi oleh Kabid Tata Operasional dan Kasie Kesyahbandaran, Sabtu (14/12/2013).

Pembinaan Pemadam Kebakaran (Damkar) diikuti oleh tiga puluh orang yang terdiri dari Pegawai PPS Cilacap, Satuan Pengaman,Tenaga Kebersihan danTim Keamanan Terpadu yang bertugas di Pos Pelayanan Terpadu PPS Cilacap. Sedangkan Narasumber berasal dari Petugas Pemadam Kebakaran Pegawai UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap.

Dalam sambutannya Kepala PPS Cilacap mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, karena suatu saat bila behadapan dengan kejadian para peserta sudah siap dan tahu apa yang dilakukan bila terjadi kebakaran. Beliau juga menghimbau pada para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar peserta dapat memahami serta mengerti bila terjadi kebakaran dan dapat meminimalisir terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di lokasi pelabuhan sesuai dengan semboyan ”pantang pulang sebelum padam”.

Sedangkan narasumber dari Kepala UPT BPBD Damkar Cilacap Ari Subroto, S.Sos  memberikan materi tentang ”Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran”. Beliau mengatakan bahwa penyebab kebakaran adalah karena terbatasnya keterangan dan pengetahuan tentang kebakaran, kelalaian manusia, kesengajaan dan alam. Kebakaran mengakibatkan kerugian harta benda, korban jiwa/cacat, kerugian/kehilangan usaha dan sosial. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa suatu kebakaran sering menghasilkan asap, racun, cahaya dan panas, untuk itu cara pemadaman yang dipakai ialah merubah keseimbangan dari perbandingan presentase volume atau menghilangkan salah satu unsur atau lebih dari ketiga unsur segi tiga api yaitu pengisolasian udara, pendinginan panas dan penguraian bahan bakar. Hal tersebut  dapat juga dilakukan dengan cara pemutusan reaksi kimia yang terjadi pada api / kebakaran. Sedangkan media pemadam api berupa media cair (air, busa, asam soda), media padat (pasir dan tanah, tepung kimia) dan media gas (karbon dioksida, halon, af.11 dan halotron)

Bila kita mengalami keadaan suatu kebakaran maka yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi/menelpon petugas damkar dengan menyebutkan identitas pelapor serta lokasi terjadinya kebakaran. Lebih lanjut Kepala UPT BPBD Damkar Cilacap tersebut mengatakan bahwa Pemadam Kebakaran adalah lintas sektoral dan tidak mengenal batas-batas wilayah. Sedangakan kantor Damkar di wilayah Cilacap ada tiga yaitu, di wilayah Cilacap kota, Kroya serta Majenang dan tim Damkar BPBD Cilacap juga bekerja sama dengan Pelindo serta.Pertamina.

Setelah diberikan teori oleh narasumber para peserta Kegiatan Pembinaan Pemadam Kebakaran menuju ke lapangan PPS Cilacap untuk langsung praktek cara mengoperasionalkan kendaraan Damkar dan cara menanggulangi kebakaran. Dipandu oleh Instruktur dari tim BPDB Damkar, praktek penanggulangan tersebut dibagi dalam enam kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari lima orang dan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Usai praktek tersebut tim instruktur dari BPBD mengevaluasi bahwa secara umum para peserta sangat antusias serta dapat memahami cara menanggulangi kebakaran dan perlu pembelajaran yang berulang untuk lebih baik lagi dan berharap kedepannya para peserta dapat dengan cepat menginformasikan bila mana terjadi kebakaran. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s