Fieldtrip Mahasiswa IPB ke PPS Cilacap

Posted on

Mahasiswa IPB saat Filedtrip ke Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (20/01/2014)
Mahasiswa IPB saat Filedtrip ke Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (20/01/2014)

Sebanyak tujuh puluh (70) Mahasiswa, dua (2) orang dosen pembimbing serta enam (6) asisten dari Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan lapang (fieldtrip) ke Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap selama dua (2) hari ( 20-21/01/2014).

Kunjungan lapangan tersebut bertujuan agar para mahasiswa mendapatkan pengalaman dan menambah wawasan pengetahuan tentang kelautan dan perikanan melalui penjelasan dan Tanya jawab/wawancara.

Mahasiswa IPB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang melakukan praktikum lapang tentang Pelabuhan Perikanan dan Analisis Hasil tangkapan (dasar) tersebut disambut oleh Kepala PPS Cilacap, Ir Wahid M.Si didampingi oleh beberapa Pejabat Struktural dan Fungsional serta Staf  di balai pertemuan break water PPS Cilacap.

Dalam sambutannya Kepala PPS Cilacap memberikan paparan tentang kegiatan operasional pelabuhan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, beliau mengatakan bahwa ‘adanya pelabuhan  akan menjadi pusat pemberdaya masyarakat, khususnya masyarakat perikanan’. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang rencana Pemerintah untuk menjadikan PPS Cilacap sebagai Pelabuhan yang ramah lingkungan (Echo Fishing port). Usai memberikan paparan Kepala PPS Cilacap memberi kesempatan untuk melakukan Tanya jawab dengan para Mahasiswa.

Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa dari Bogor tersebut diantaranya mengenai kendala nelayan cilacap dari melaut hingga pendistribusian hasil tangkapan dan cara pengelolaan limbah serta penanganan sampah di pelabuhan, Kepala PPS Cilacap menjelaskan bahwa PPS Cilacap yang berada di pantai selatan jawa dirasa terlalu jauh dalam mendistribusikan hasil tangkapannya terutama ikan kualitas eksport sehingga beberapa kapal dari Cilacap mendaratkan hasil tangkapannya ke Pelabuhan ratu (Jawa barat) dan Muara Baru (Jakarta), disamping itu nelayan tradisional di Cilacap masih menolak adanya rumpon dan alat tangkap Purse saine. Untuk penanganan limbah, PPS Cilacap telah menyediakan IPAL dan petugas kebersihan yang terbagi dalam beberapa zonasi setiap harinya melakukan pembersihan sampah di kawasan pelabuhan, lanjut beliau.

Selain itu rombongan mahasiswa IPB juga melakukan wawancara dengan nelayan dan pemilik kapal serta pengamatan langsung ke beberapa fasilitas PPS Cilacap, seperti Tempat Pelelangan Ikan, Dermaga Bongkar, tempat pengolahan ikan Unit Bisnis Perikanan Terpadu (UBPT) serta Docking yang dipandu oleh Kepala Bidang Tata Operasional dan pertugas TPI, Pranata Humas serta Penyuluh Perikanan PPS Cilacap. (cs)

Cindera Mata dari Mahasiswa IPB
Cindera Mata dari Mahasiswa IPB
Saat berkunjung ke TPI dan Dermaga Bongkar
Saat berkunjung ke TPI dan Dermaga Bongkar
wawancara dengan pemilik kapal
wawancara dengan pemilik kapal
Berkunjung ke UBPT
Berkunjung ke UBPT

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s