Dukungan PPS Cilacap terhadap program Eco – Fishing Port

Posted on

Kegiatan kebersihan di kolam dengan kendaraan amphibior
Kegiatan kebersihan di kolam dengan kendaraan amphibior

PPS Cilacap, Rabu (05/03/2014). Untuk mendukung  program  “Eco-Fishing Port” atau pelabuhan perikanan ramah lingkungan di Indonesia. PPS  Cilacap secara rutin melakukan pembersihan yang dilaksanakan oleh petugas kebersihan. Selain itu dilakukan juga pembersihan secara bersama-sama dengan pegawai PPS Cilacap dan para pengguna jasa di kawasan PPS Cilacap pada hari Jum’at serta dilakukan operasi sapu bersih yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh petugas kebersihan, satpam dan tim k5 demi terwujudnya pelabuhan perikanan yang bersih, indah, tertib, nyaman dan sehat.

PPS Cilacap merupakan salah satu dari enam pelabuhan perikanan yang di ikut sertakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam program kerja sama “Eco-Fishing Port” atau pelabuhan perikanan ramah lingkungan di Indonesia dengan Pemerintah Prancis. Enam pelabuhan perikanan tersebut yakni Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta, PPS Cilacap, PPS Bitung, PPS Kendari, PPS Bungus serta Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pelabuhan Ratu.

Kegiatan pembersihan yang rutin dilaksanakan yakni melakukan kebersihan di lingkungan kantor, kawasan operasional pelabuhan perikanan dengan melakukan pemotongan rumput liar, pembersihan drainase, IPAL, kebersihan di TPI, Centra pengolahan ikan, penghijauan, pemeliharaan pohon pelindung, pembuangan limbah galangan kapal dan kolam di kawasan PPS Cilacap serta membuang sampah ke TPA milik Pemda Kab Cilacap. Selain itu PPS Cilacap juga secara rutin melakukan kegiatan sosialisasi K5 (kebersihan, ketertiban, keamanan, keindahan dan keselamatan kerja) kepada masyarakat perikanan yang diikuti oleh para stake holder disekitar pelabuhan perikanan.

Untuk mendukung tercapainya program eco- fishing port, PPS Cilacap TA.2013 telah mendapat bantuan peralatan k3 dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap yakni; sebuah kendaraan pengangkut sampah (dum truck), dua Forklip dan satu kendaraan Amphibior. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s