Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan

Posted on

Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan di PPS Cilacap, Rabu (19/03/2014)
Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan di PPS Cilacap, Rabu (19/03/2014)

Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan yang dilaksanakan di balai pertemuan break water Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap pada 19 Maret 2014 di PPS Cilacap bertujuan untuk menciptakan lingkungan pelabuhan perikanan yang bersih, tertib, aman, hijau, nyaman dan sehat. Kegiatan Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan diikuti oleh 30 orang yang berasal dari masyarakat pengguna jasa pelabuhan dan petugas kebersihan PPS Cilacap.

Acara Sosialisasi Gerakan Bersih Pelabuhan Perikanan di PPS Cilacap dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Drs.Eno Sandy Prayitno, MM yang mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan tentang penerapan k3 di PPS Cilacap. Sedangkan Pembicara/Narasumber dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Direktorat Pelabuhan Perikanan, Partinah, S.Pi (Kasi Pengusahaan dan Pelayanan) dengan teknik pelaksanaan berupa presentase serta diskusi langsung

Dalam sambutannya Kabag Tata Usaha juga membahas tentang kesepakatan mengenai keinginan pihak PPSC agar dermaga dan rabat di kolam pelabuhan tidak terdapat tumpukan kayu, fiber dan sampah sisa dari perbaikan kapal. Selain itu beliau juga menghimbau agar masyarakat pengguna jasa pelabuhan khususnya untuk selalu menjaga kebersihan. Selain itu pihak PPS Cilacap menghimbau kepada  pemilik kapal dan para pengguna jasa pelabuhan untuk menyediakan tempat sampah di masing-masing wilayahnya yang selanjutnya sampa-sampah  tersebut akan diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibuang ke TPA milik Pemda Cilacap.Lebih lanjut beliau berpesan kepada peserta sosialisasi agar menyampaikan kepada rekan-rekannya untuk tidak membuang sampah disembarang tempat.

Selanjutnya Kasi Pengusahaan dan Pelayanan, Direktorat Pelabuhan Perikanan,Partinah, S.Pi  selaku narasumber sosialisasi menyampaikan materi tentang Peningkatan penerapan K5 di pelabuhan perikanan sebagai tindak lanjut pencanangan gerakan kebersihan di pelabuhan perikanan, beliau juga menyampaikan tentang pentingnya kebersihan karena hal tersebut akan berimbas pada mutu hasil perikanan. ‘kesadran para stake holder sangat berperan pentingdalam kebersihan di pelabuhan perikanan’ ungkap beliau.

Dalam acara diskusi langsung,  pengurus kapal perikanan di PPSC, Simon menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak pelabuhan yang setiap harinya membersihkan wilayah di kawasan industri dan selanjutnya akan menyampaikan kepada rekan-rekannya untuk selalu menjaga kebersihan dan akan menyediakan tempat sampah di masing-masing lahan yang disewanya. Sedangkan dari ketua kelompok nelayan ppsc, Sutarno mengatakan bahwa TPI di PPS Cilacap termasuk relative bersih dibandingkan dengan TPI lainnya, hal tersebut karena beliau sudah melakukan studi banding ke beberapa TPI di wilayah jawa. Selain itu ketua kelompok nelayan ppsc juga memohon agar segera dilakukan perbaikan jalan menuju TPI karena jalan tersebut sudah berlubang dan sangat mengganggu aktifitas nelayan yang keluar masuk TPI..

Akhir acara Kepala Bagian Tata Usaha dan narasumber dari Direktorat Pelabuhan Perikanan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang akan selalu menjaga kebersihan khususnya di lingkungan pelabuhan perikanan. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s