Bazar Intermediasi Nelayan Cilacap

Posted on Updated on

Bazar Intermediasi di Balai Pertemuan Nelayan PPS Cilacap, Selasa (10/06/2014)
Bazar Intermediasi di Balai Pertemuan Nelayan PPS Cilacap, Selasa (10/06/2014)

Dalam menindaklanjuti kegiatan Sertifikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) nelayan, Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumberdaya Kawasan Segara Anakan (DKP2SKSA) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Bazar Intermediasi yang mempertemukan nelayan penerima sertifikat dengan Perbankan dan Lembaga Keuangan lainnya berlokasi di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) pada, Selasa(10/06/2014).

Kegiatan Bazar Intermediasi dengan tema “Pembinaan dan Fasilitas Akses Permodalan Kepada Penerima Program SeHAT Nelayan” dihadiri oleh Asisten III Bupati Cilacap dan sekaligus membuka acara Bazar Intermediasi, Direktorat Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang diwakili oleh Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Usaha Penangkapan Ikan, DR. Liliek Soeprijadi, A.Pi, MM, Kepala Bidang Tata Operasional, A.Hardono, A.Pi, MM yang mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, BUMN dan BUMD, DPC HNSI dan KUD Mino Saroyo serta ratusan Nelayan dari Cilacap Selatan dan Cilacap Tengah.

Bazar Intermediasi diselenggarakan dengan maksud sebagai sarana untuk diseminasi informasi mengenai karateristik debitur dan kreditur serta penyebaran informasi mengenai UMKM yang potensial dengan narasumber dari Perbankan dan Lembaga Keuangan lainnya yang merupakan mitra penyalur modal usaha dalam meningkatkan skala usaha dan pengembangan ekonomi produktif di Kabupaten Cilacap.

Kepala DKP2SKSA, Sudjiman, SP, MP dalam sambutannya mengatakan bahwa secara bertahap Pemda Cilacap melalui perbankan akan membantu program SeHAT nelayan dan berharap agar pinjaman tersebut tidak digunakan untuk konsumtif. Sedangkan Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Usaha Penangkapan Ikan, DR. Liliek Soeprijadi, A.Pi, MM, dalam sambutannya juga menghimbau agar para wanita nelayan untuk lebih kreatif dalam mengembangkan usaha lainnya seperti budidaya, pengolahan dan wisata bahari. Sedangkan Asisten III Bupati Cilacap dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bazar Intermediasi ini agar`dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para nelayan untuk pengembangan usahanya dalam usaha penangkapan ikan, perbankan agar menyalurkan paket kredit yang potensial dan SKPD terkait agar dapat memfasilitasi dan merealisasinya, lanjutnya. Beliau juga menambahkan bahwa waktu pemberian kredit agar fleksibel sehingga tidak membebankan para nelayan.

Dalam acara tersebut para peserta juga dihibur dengan organ tunggal dan hadiah kejutan dari panitia. Dengan diadakannya Bazar Intermediasi ini diharapkan usaha penangkapan ikan skala kecil dapat memperoleh akses permodalan dalam rangka meningkatkan skala usaha dan pengembangan ekonomi produktif lainnya. (cs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s