SOSIALISASI SINDROM METABOLIK DI PPS CILACAP

Posted on Updated on

Ketua Darma Wanita PPS Cilacap, Ibu Endang Wahid saat melakukan pemeriksaan kesehatan di balai pertemuaan break water, Senin (06/10/2014)
Ketua Darma Wanita PPS Cilacap, Ibu Endang Wahid saat melakukan pemeriksaan kesehatan di balai pertemuaan break water, Senin (06/10/2014)

Cilacap- Darma Wanita Persatuan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap mengadakan kegiatan Sosialisasi Sindrom Metabolik sekaligus pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular secara cuma-cuma di balai pertemuan break water PPS Cilacap, Senin (06/10/2014).

Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua Darma Wanita Persatuan, Endang Wahid, serta Pejabat Struktural PPS Cilacap dan diikuti oleh Pegawai dan Anggota Dharma Wanita Persatuan PPS Cilacap dengan narasumber dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap, dr.Wawan dibantu oleh tiga orang Perawat.

Dijelaskan oleh narasumber bahwa Sindrom Metabolik merupakan sekumpulan gangguan metabolik yang dapat meningkatkan resiko kesehatan di kemudian hari. Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Obesitas berkontribusi besar menjadi penyebab siindrom metabolik, yaitu kondisi ketidak seimbangan antara asupan energi dengan pengeluaran energi. Perubahan pola makan yang cenderung tinggi kalori dan lemak (makanan siap saji), serta minimnya aktivitas merupakan penyebab utana obesitas.

Lebih lanjut, dr.Wawan menjelaskan tentang dampak buruk dari Sindrom Metabolik dikemudian hari yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius seperti; Obesitas, Penyakit Jantung, Hipertensi, Diabetes dan penyakit lainnya. Pengobatan awal yang dianjurkan umumnya berupa perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat seperti; melakukan diet sehat, meningkatkan aktivitas fisik, menurunkan berat badan dan menghentikan kebiasaan merokok dan alkohol. Apabila perubahan gaya hidup tersebut tidak dapat memperbaiki kondisi sindrom metabolik, maka dokter akan memberikan terapi obat.

Seseorang dapat dikatakan mengalami sindrom metabolik apabila memiliki lingkar pinggang ≥ 90 cm untuk pria dan ≥ 80 cm untuk wanita, disertai dengan dua atau lebih dari kriteria berupa peningkatan kadar trigliserida, penurunan kadar kolesterol, peningkatan tekanan darah dan peningkatan kadar gula darah.

Di akhir acara para peserta sosialisasi melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular dan konsultasi kesehatan yang ditangani langsung oleh dr. Wawan dibantu oleh tiga orang perawat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap. (cs).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s