Gelar Budaya Sedekah Laut di Cilacap

Posted on Updated on

Sedekah Laut
Sedekah Laut

Gelar budaya sedekah laut yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap dimulai dari Pendopo Agung Wijaya Kusuma Sakti, Jum’at (07/11/2014).

Gelar budaya sedekah laut merupakan tradisi tahunan yang sudah berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdana III pada tahun 1817 yang digelar setiap selasa kliwon atau jum’at kliwon pada bulan Suro (Muharam).

Prosesi ritual sedekah laut dilakukan sesuai urutan (pakemnya) yang diawali dengan pergelaran sendratari di pendopo Wijaya Kusuma Sakti yang menggambarkan perintah pelarungan sesaji ke laut selatan.

Dalam pakemnya dikisahkan bahwa Adipati Cakrawerdana III yang diperankan oleh Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji memanggil sesepuh nelayan cilacap dan memerintahkan kepada para nelayan cilacap pada bulan suro agar mengadakan sedekah laut dengan melarung jolen yang berisi Kepala Kerbau, Tumpeng  golong dan aneka jajanan pasar ke segara kidul. Jumlah jolen yang dilarung sebanyak sembilan buah, yakni delapan jolen dari rukun nelayan termasuk rukun nelayan dari pelabuhan perikanan samudera cilacap dan satu jolen dari pemkab Cilacap.

Sesaji yang telah ditempatkan dalam jolen akan dikirab menuju pantai teluk penyu untuk diangkut menggunakan perahu nelayan guna dilarung di pantai pulau majeti yang berada di selatan pulau nusakambangan cilacap. Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji beserta istri mengikuti kirab tersebut hingga ke pantai teluk penyu diiringi oleh para nelayan sambil menampilkan berbagai kesenian tradisional. Walaupun dalam cuaca hujan namun prosesi sedekah laut tahun 2014 berjalan lancar.

Pada malam sebelum sedekah laut dilaksanakan, para nelayan mengadakan tirakatan di pendopo dengan membawa nasi tumpeng dan usai melarung sesaji malam harinya para nelayan mengadakan resepsi dan hiburan di wilayahnya masing-masing seperti wayang kulit, kuda lumping, panjat pinang, orkes serta hiburan lainnya. (cs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s