Fasilitasi Pengembangan Kemitraan UMKM di PPS CIlacap

Posted on

Kepala PPS Cilacap, Ir. Wahid, M.Si saat memberikan presentasi kegiatan fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di balai pertemuan break water PPS Cilacap, Kamis (12/03/2015).
Kepala PPS Cilacap, Ir. Wahid, M.Si saat memberikan presentasi kegiatan fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di balai pertemuan break water PPS Cilacap, Kamis (12/03/2015).

Fungsi pelabuhan perikanan diantaranya adalah pelayanan pembinaan mutu dan pengolahan hasil perikanan serta pemasaran dan distribusi ikan, hal tersebut disampaikan oleh Kepala PPS Cilacap, Ir. Wahid, M.Si dalam acara fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di balai pertemuan break water PPS Cilacap, Kamis (12/03/2015).

Kegiatan fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran yang diselenggarakan oleh Direktorat Usaha dan Investasi-Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan- Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dibuka oleh Kepala PPS Cilacap, Ir. Wahid M.Si didampingi Kasubdit Kemitraan Usaha Direktorat Usaha dan Investasi, Jhony Haryono, SE, SP, MM serta Kabid Usaha dan Pengelolaan Hasil DKP2SKSA Kab.Cilacap, Ir. Eko Priyatno M. W, MM.

Diselenggarakannya kegiatan fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran dimaksudkan untuk memperkuat jaringan kemitraan UMKM dan mengembangkan usaha pengolahan dan pemasaran hasil perkanan khusunya di wilayah Cilacap dan Banyumas.

Narasumber kegiatan tersebut berasal dari Instansi PPS Cilacap, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumberdaya Kawasan Segara Anakan (DKP2SKSA) Kab.Cilacap, Dinas Kesehatan Kab.Cilacap (Badan POM), Rumah Kemasan serta Ketua Kelompok Mina Rasa Cilacap dengan peserta dari UMKM Pengolah dan Pemasar hasil perikanan di Kab.Cilacap dan Banyumas.

Materi fasilitasi pengembangan kemitraan UMKM pengolahan dan pemasaran antara lain: Kebijakan Pengembangan Kemitraan UMKM Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan, Kebijakan Kemitraan Usaha dalam mendukung Pengembangan UMKM Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan di Kab.Cilacap, Dukungan PPS Cilacap dalam Pengembangan UMKM Pengolahan Hasil Perikanan, Tata Cara dan Persyaratan PIRT untuk UMKM Pengolahan Hasil Perikanan, Penyempurnaan Desain Produk dan Kemasan serta Peluang Kemitraan Usaha Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala PPS Cilacap menjelaskan bahwa PPS Cilacap sangat berperan dalam mendukung pengembangan UMKM Pengolahan dan pemasaran Hasil Perikanan khususnya di Kab.Cilacap, diantaranya adalah :

  • PPS Cilacap merupakan pusat suplay bahan baku pengolahan perikanan, baik dari hasil tangkapan nelayan Cilacap, maupun ikan dari Pantura Jawa Tengah dan Jawa Timur;
  • PPS Cilacap memfasilitasi pembelajaran bagi UMKM Perikanan berupa Unit Bisnis Perikanan Terpadu (UBPT) untuk kegiatan Pengolahan Hasil perikanan;
  • Memberikan ketrampilan kepada masyarakat / wanita nelayan untuk mendiversifikasi hasil tangkapan menjadi produk olahan yang bernilai tinggi untuk kemudian dikembangkan menjadi kelompok usaha;
  • UBPT-PPS Cilacap menerima produksi hasil perikanan UMKM untuk di pasarkan bersama di show room UBPT (masih bersifat percontohan);
  • Mengupayakan program Kampoeng BNI di kawasan PPS Cilacap yang merupakan program CSR BNI, selain untuk menyalurkan kredit juga membantu sarana fisik seperti balai nelayan maupun fasilitas sosial lainnya;
  • Menyediakan lahan untuk pengembangan usaha UMKM di Pelabuhan perikanan.

Hasil dari kegiatan Fasilitasi Pengembangan Kemitraan UMKM Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan adalah adanya Kesepakatan bersama antara Pengolah Hasil Perikanan Kab.Cilacap dan Banyumas dengan Kelompok/ Toko Oleh-oleh Mina Rasa Cilacap yang berkomitmen untuk membangun kerjasama mengembangkan usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan masing-masing dengan prinsip saling menguntungkan, membesarkan, dan berkesinambungan, meliputi pemasaran produk-produk olahan hasil perikanan di wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya. (cs)

http://humasppscilacap.com/

http://www.djpt.kkp.go.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s