Berkah Ubur-ubur untuk Nelayan Cilacap

Posted on

ubur-ubur

Saat ini (Kamis, 10/09/2015) nelayan Cilacap  menuai berkah dari melimpahnya hasil tangkapan berupa ubur-ubur. Dengan menggunakan kapal berukuran kurang daro 10 GT dan alat tangkap serok/caduk, nelayan di Cilacap dapat memperoleh ubur-ubur mencapai 1 ton/kapal dengan harga Rp.700,- per kg sehingga nelayan dapat memperoleh hasil Rp.700 ribu perkapalnya.

Hasil tangkapan tersebut dijual kepada pengepul di lapak-lapak yang berada di bantaran sungai kaliyasa PPS Cilacap yang selanjutnya dijual kembali kepada pengolah ubur-ubur untuk di ekspor ke Jepang, Korea dan China.

Ubur-ubur atau yang lebih dikenal dengan nama Jelly Fish ditemukan hampir di seluruh perairan Indonesia. Namun musim ubur-ubur di berbagai daerah dari tahun ke tahun sangat tidak menentu dan belum dapat diramalkan.

Di Cilacap biasanya musim ubur-ubur (Blooming ubur-ubur) berbarengan dengan musim udang rebon atau akan berakhirnya musim ikan cakalang, yaitu antara bulan September sampai dengan Desember dengan daerah penangkapan disekitar perairan Cilacap.(cs)

http://humasppscilacap.com/

http://www.djpt.kkp.go.id/

Ubur-Ubur hasil tangkapan nelayan Cilacap
Ubur-Ubur hasil tangkapan nelayan Cilacap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s