Coffee Morning Kehumasan di PPS Cilacap

Posted on

Coffee Morning Kehumasan di PPS Cilacap, Senin (12/10/2015)
Coffee Morning Kehumasan di PPS Cilacap, Senin (12/10/2015)

Coffee Morning Kehumasan di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dengan topik “Peningkatan Pelayanan Kapal Perikanan”.   dilaksanakan di balai pertemuan breakwater, Senin (12/10/2015).

Kegiatan coffee morning diikuti oleh beberapa instansi antara lain, KSOP Kelas II Cilacap, Lanal Cilacap, Dinas KP2SKSA Kab.Cilacap, Satker PSDKP, Tim Terpadu PPSC , Kel.Tegalkamulyan, HNSI, KUD  Mino Saroyo, Pemilik Kapal serta Nakhoda.

Narasumber kegiatan coffee morning berasal dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kls II Cilacap, Anasro Amin, SIP, M.MAR, MM serta dari Kantor Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumberdaya Kawasan Segara Anakan (DKP2SKSA) Kab. Cilacap, Supriyanto, SH, M.Si dengan Moderator Kepala Bidang Operasional Pelabuhan dan Kesyahbandaran PPS Cilacap.

Dalam sambutannya Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Ir. Wahid, M.Si memberikan pengarahan tentang adanya pengukuran kembali kapal-kapal perikanan khususnya yang ada di wilayah PPS Cilacap. Dikatakan beliau bahwa “ topik pada acara Coffee morning kali ini intinya adalah adalah adanya kebijakan dari pusat (DJPT-KKP) bahwa pelabuhan diminta pro aktif untuk masalah pengukuran ulang kapal kapal perikanan yang ditengarai melebihi ukuran yang ada, terutama kapal yang diatas 30 gt tapi disurat ukur yang lama masih dibawah 30 gt” lebih Lanjut Kepala PPS Cilacap menjelaskan bahwa “Kapal Perikanan di atas 30 GT izinnya dari pusat sedangkan yang dibawah 30 GT kewenangannya ada di Provinsi melalui dinas Kabupaten dan yang berhak mengukur kapal  adalah PNS yang memiliki sertifikat ahli ukur”.

Dikatakan pula oleh Narasumber dari KSOP bahwa “sebetulnya program ini adalah program Menteri Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan KPK lalu timbulah surat oleh Kementerian untuk melakukan cek fisik ulang”.

Sedangkan menurut Narasumber dari DKP2SKSA Kab.Cilacap  menjelaskan bahwa “dengan adanya pertemuan ini mari kita laksanakan sesuai dengan kewenangan kita masing masing dan untuk kepentingan pengukuran mesin, dimensi kapal dsb  adalah kewenangan dari KSOP dan PPSC” ucap beliau.

Dengan adanya pertemuan Coffee Morning ini diharapkan pada semua Instansi terkait, Nelayan dan Stakeholder dapat mendukung program Pemerintah untuk melakukan pengukuran kembali secara acak kapal-kapal perikanan khususnya di wilayah Kab.cilacap. (cs)

http://www.djpt.kkp.go.id/

http://humasppscilacap.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s